VIRALS.CO.ID – Sebagai upaya untuk menarik konsumen serta meningkatkan daya saing dan efektivitas pemasaran, Tim II KKN Undip melaksanakan workshop optimalisasi strategi pemasaran UMKM dengan prinsip pendekatan psikologi marketing.
Mahasiswi Tim II KKN Universitas Diponegoro TA 2023/2024 Adyadinda Maulida menjalankan program kerja monodisiplinnya yakni “Workshop Optimalisasi Strategi Pemasaran UMKM dengan Prinsip Psikologi” di Kelurahan Wuryantoro, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024.
Sesuai dengan judul program yang dijalankan, kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat konsumen serta meningkatkan daya saing dan efektivitas pemasaran pada UMKM di Wuryantoro.
Kegiatan yang dihadiri oleh 22 orang peserta ini dimulai dengan pembukaan serta pembagian booklet kepada peserta dan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai strategi pemasaran dengan prinsip psikologi marketing.
Pemaparan yang disampaikan disertai contoh-contoh nyata yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari untuk memudahkan pemahaman para peserta.
Selama pemaparan, para peserta menunjukkan minat yang tinggi terhadap materi yang disampaikan dengan hidupnya interaksi dua arah antara pemateri dan peserta.
Sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2021, Adya mengharapkan dengan dilaksanakannya program ini para pelaku UMKM di Kelurahan Wuryantoro senantiasa meningkatkan daya saing dan efektivitas pemasaran mereka dengan cara menarik konsumen menggunakan prinsip-prinsip psikologi marketing yang disampaikan di workshop ini.
“Sebenarnya pasti banyak dari pelaku UMKM disini yang pernah menggunakan atau menjadi target dari strategi marketing yang disampaikan, tapi mereka tidak sadar atau tidak mengerti bahwa yang mereka gunakan atau bahkan membuat mereka terpikat merupakan penerapan dari prinsip psikologi marketing.
Semoga dengan adanya workshop ini, para pelaku UMKM senantiasa memanfaatkan prinsip psikologi marketing dalam pemasaran mereka.
Selain itu, semoga mereka juga senantiasa lebih selektif dalam memutuskan pembelian sebagai konsumen” ujar Adyadinda, dalam keterangannya, Minggu (18/8/2024).
Program ini mendapat sambutan positif, baik dari Kelurahan Wuryantoro maupun dari para pelaku UMKM Kelurahan Wuryantoro dan perkumpulan UMKM Kecamatan Wuryantoro.
Ketua perkumpulan UMKM Kecamatan Wuryantoro, Utami menyatakan harapan strategi pemasaran yang tepat bisa mendongkrak penjualan produknya.
“Semoga dengan diselenggarakannya acara ini, para pelaku UMKM di Wuryantoro bisa lebih melek mengenai cara-cara pemasaran yang ampuh dan sesuai dengan produk yang mereka tawarkan,” jelas dia. (*)