viral Otomotif

Inovasi Indosat di MotoGP Mandalika: Tukar Sampah Jadi Pulsa Lewat Kampanye #TrashFreeRace

ILUSTRASI - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan kampanye lingkungan bertajuk #TrashFreeRace, sebagai bagian dari inisiatif CSR di Pilar Lingkungan. (DOK Indosat)

VIRALS.CO.ID – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan kampanye lingkungan bertema #TrashFreeRace, sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di bidang lingkungan.

Fahd Yudhanegoro, EVP Head of Circe Java Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan penonton MotoGP Mandalika tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dengan memanfaatkan pengelolaan sampah agar dapat memberikan nilai tambah dan manfaat bagi lingkungan.

Sebagai bagian dari kampanye, Indosat memperkenalkan inovasi “Sampah Jadi Pulsa,” yang memungkinkan para penonton MotoGP Mandalika dan warga setempat menukarkan botol plastik bekas menjadi pulsa atau paket data untuk nomor IM3 dan Tri.

Reverse Vending Machine (RVM) atau kotak pengumpulan “Sampah Jadi Pulsa” akan disediakan di sekitar Sirkuit Mandalika, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan sambil menikmati ajang balap dunia ini.

Indosat juga bekerja sama dengan pelaku usaha lokal dengan menempatkan lima unit dropbox di area strategis Kuta Mandalika, memperluas jangkauan kampanye dan memperkuat keterlibatan masyarakat.

“Kami berkomitmen mendukung MotoGP Mandalika 2024, tidak hanya dengan memastikan jaringan yang optimal, tetapi juga dari sisi keberlanjutan lingkungan. Melalui kampanye #TrashFreeRace, kami berharap ini bisa menjadi langkah awal untuk menggerakkan masyarakat dalam melestarikan lingkungan secara berkelanjutan, serta mendorong mereka untuk mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat,” ujarnya dalam sebuah pernyataan, Sabtu (28/9/2024).

Untuk berpartisipasi dalam kampanye ini, masyarakat dapat mendatangi dropbox Sampah Jadi Pulsa dengan membawa botol plastik dan menggunakan nomor aktif IM3 atau Tri.

Setelah melakukan verifikasi One-Time Password (OTP), botol plastik yang dimasukkan akan diubah menjadi poin.

Setiap botol bernilai 50 poin, dan dengan mengumpulkan minimal 1.000 poin, masyarakat dapat menukarkannya dengan pulsa melalui QR Code.

Sebagai apresiasi, partisipan pertama kali akan langsung mendapatkan 1.000 poin setelah mendonasikan botol pertama mereka.

Botol plastik yang terkumpul melalui RVM akan dikelola oleh mitra pengelola lokal, Conplas, untuk diubah menjadi paving block, yang akan digunakan dalam proyek pembangunan infrastruktur di Lombok.

“Kami mengapresiasi inisiatif Indosat Ooredoo Hutchison dan berharap dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk memberikan dampak positif yang lebih luas. Kami yakin teknologi digital bisa mendukung pelestarian lingkungan, khususnya di Nusa Tenggara Barat,” kata Amrul Ikhsan, CEO Conplas.

Sejak diperkenalkan pada 2022, mesin RVM telah tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Bogor, Semarang, Medan, Makassar, dan Mandalika.

Sampai dengan 2024, lebih dari 23.000 botol plastik atau setara dengan 437 kg telah terkumpul dan diubah menjadi pulsa senilai Rp14 juta, dari partisipasi 1.032 orang.

Program ini diharapkan dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan secara berkelanjutan serta mendorong masyarakat untuk berdaya melalui proses daur ulang yang bermanfaat. (*)

Exit mobile version