viral Regional

Semester I/2024, Penumpang Kereta di Daop 5 Purwokerto Melonjak 27,3 Persen

Kedatangan penumpang di Stasiun Purwokerto, Kamis (18/7/2024). (dok. Daop 5 Purwokerto)

VIRALS.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto mencatat peningkatan jumlah penumpang pada semester pertama tahun 2024.

Selama periode ini, tercatat sebanyak 2.011.913 pelanggan menggunakan layanan kereta api, meningkat 27,3 persen dibandingkan dengan semester pertama tahun 2023 yang mencapai 1.580.780 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengungkapkan peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan bahwa kereta api masih menjadi moda transportasi pilihan utama bagi masyarakat.

“Peningkatan volume pelanggan pada semester pertama 2024 di KAI Daop 5 Purwokerto sebanyak 431.133 pelanggan atau meningkat 27,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023,” ujar Feni, Kamis (18/7/2024).

Peningkatan ini tidak lepas dari berbagai upaya KAI Daop 5 Purwokerto dalam meningkatkan pelayanan. Salah satu inovasinya adalah percepatan waktu tempuh perjalanan kereta api.

Misalnya, KA Purwojaya relasi Gambir – Cilacap kini memiliki waktu tempuh 6 jam 5 menit, menghemat 1 jam 18 menit dari sebelumnya.

Selain itu, ketepatan waktu keberangkatan kereta api di wilayah Daop 5 Purwokerto mencapai 99,93 persen pada semester pertama 2024.

Di Stasiun Purwokerto, KAI telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Fasilitas baru seperti Skybridge, Customer Service Counter, Luxury Lounge, dan Face Recognition Boarding Gate dihadirkan untuk memudahkan pelanggan.

Top 3 stasiun dengan jumlah penumpang berangkat terbanyak di wilayah Daop 5 Purwokerto adalah Stasiun Purwokerto (734.559 pelanggan), Stasiun Kutoarjo (286.838 pelanggan), dan Stasiun Kroya (228.727 pelanggan).

Sementara itu, KA Kutojaya Selatan (97.520 pelanggan), KA Serayu (92.246 pelanggan), dan KA Sawunggalih (87.814 pelanggan) menjadi kereta api dengan jumlah penumpang terbanyak.

Stasiun tujuan favorit pelanggan adalah Stasiun Pasarsenen (296.073 pelanggan), Stasiun Yogyakarta (174.515 pelanggan), dan Stasiun Kiaracondong (122.912 pelanggan).

Feni menambahkan bahwa berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas merupakan bentuk komitmen KAI Daop 5 dalam memberikan pelayanan yang unggul dan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu.

PT KAI Daop 5 Purwokerto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih kereta api sebagai moda transportasi utama.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan dan pelayanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121. (*)

Exit mobile version