viral Regional

Tren Positif Penumpang Kereta Api di Daop 5 Purwokerto Naik Hingga 8 Persen

Persiapan keberangkatan kereta dari stasiun Daop 5 Purwokerto. (dok. Daop 5 Purwokerto)

VIRALS.CO.ID – KAI Daop 5 Purwokerto mencatat peningkatan yang signifikan dalam kinerja angkutan penumpang pada bulan Oktober 2024.

Sebanyak 313.739 pelanggan diberangkatkan dari wilayah Daop 5, naik 8 persen atau 23.387 pelanggan dibandingkan Oktober 2023, yang mencatat 290.352 penumpang.

Jumlah penumpang yang tiba di wilayah Daop 5 Purwokerto juga mengalami kenaikan positif.

Tercatat sebanyak 311.663 pelanggan tiba di wilayah tersebut, meningkat 11 persen atau 31.466 pelanggan dari Oktober tahun lalu yang mencapai 280.197 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, menyatakan bahwa tren positif ini menunjukkan moda transportasi kereta api semakin diminati masyarakat.

“Pencapaian ini mendorong kami untuk terus mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan,” jelas Feni dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/10/2024).

Menurut Feni, beberapa faktor pendukung peningkatan volume penumpang pada Oktober 2024 termasuk pengoperasian KA Progo New Generation yang melayani rute Lempuyangan-Pasarsenen dengan singgah di tujuh stasiun di wilayah Daop 5.

Selain itu, berbagai acara lari di kota-kota seperti Purwokerto dan Kebumen turut meningkatkan kunjungan ke wilayah Daop 5.

Beberapa fasilitas di stasiun, seperti photo booth dan coworking space di Stasiun Purwokerto, juga menambah daya tarik bagi penumpang.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat dan akan terus menghadirkan pelayanan terbaik untuk keselamatan dan kenyamanan perjalanan mereka,” tambah Feni.

Mulai 1 November 2024, fasilitas kereta di kelas bisnis KA Ranggajati untuk rute Cirebon-Jember kini menggunakan sarana ekonomi Stainless Steel New Generation.

Kereta ini dilengkapi kursi reclining, ruang kaki yang luas, dan fitur-fitur baru seperti pintu geser elektrik dan info perjalanan digital, yang semakin meningkatkan kenyamanan penumpang.

Peningkatan layanan ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi massal yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan demi keberlanjutan di masa depan.

Masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai jadwal dan layanan kereta dapat menghubungi Contact Center KAI di 121 atau melalui WhatsApp di 08111-2111-121, serta berbagai platform media sosial KAI. (*)

Exit mobile version